Junjung Semangat Kemerdekaan, Jamaah Haji Asal Kapuas Upacara di Mekkah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Menjunjung semangat kemerdekaan dan rasa nasionalisme, para Jamaah Haji asal Kabupaten Kapuas yang tergabung dalam kloter BDJ 008 menggelar Upacara Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Mekkah, Saudi Arabia pada 17, Agustus 2019.

Meskipun dilaksanakan di ruang tertutup dan dengan kondisi terbatas,tidak melunturkan rasa cinta Tanah Air para Jamah Haji untuk memberikan penghormatan kepada bendera merah putih di hari kemerdekaan ini.

"Iya, hari ini kami melaksanakan apel 17 Agustus di dalam kantor urusan haji Indonesia sektor 09, untuk apel HUT RI ini akan dilakukan oleh semua petugas di setiap sektor," ucap Ashady, Petugas Pembimbing Haji Indonesia atau PPHI Kapuas pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Ia menceritakan, suasana khidmat dirasakan lebih terasa, lantaran upacara berada di luar negeri sehingga dapat merasakan dan menghayati penuh makna dari sebuah kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami merasa bangga dan terharu bisa melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di tanah suci, upacara digelar sederhana tapi khidmat," katanya.

Selain itu, dia menuturkan seluruh jemaah BDJ 008 relatif dengan kondisi sehat, dan saat ini telah selesai melaksanakan ritual puncak ibadah haji Armuzna, dan sudah kembali ke sektor. "Untuk melakukan sejumlah persiapan-persiapan pemulangan ke tanah air," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)
 

Berita Terbaru