Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka Diharapkan Berperan Aktif Bantu Penanggulangan Karhutla

  • Oleh James Donny
  • 30 Agustus 2019 - 17:54 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Pulang Pisau Susilo I Tamin mengharapkan Pramuka di kabupaten ini dapat berperan aktif untuk membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

Hal itu ia katakan saat menjadi inspektur upacara para peringatan HUT Pramuka ke-58, Jumat, 30 Agustus 2019.

Dalam sambutannya pada peringatan HUT Pramuka tersebut Susilo mengatakan bahwa kerusakan dan pencemaran lingkungan 

merupakan kelalaian manusia. "Karena itu betapa pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang," katanya. 

Menurutnya mencintai alam merupakan wujud dari rasa kasih sayang setiap anggota Pramuka bagi diri sendiri dan bagi generasi penerusnya. "Kepedulian akan kelestarian lingkungan bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka, melainkan menjadi sikap hidup dan standar berperilaku yang dipedomani setiap anggota pramuka," katanya. 

Oleh karena itu, memberikan respons yang tepat terhadap bencana menjadi kewajiban dan tanggung jawab setiap orang, termasuk anggota Pramuka. "Gerakan Pramuka tidak dapat dan tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana, tetapi mengambil peran aktif bersama instasi terkait melakukan tindakan pertolongan pertama yang diperlukan," ujarnya. 

Untuk itu, setiap anggota Pramuka diharapkan menjadi kesatria yang sadar bencana, yang rela menolong dan rela berkorban bagi sesama, serta tabah ketika menghadapi bencana.  (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru