Desa Parahau Tingkatkan SDM Melalui Pelatihan Operator Alat Berat

  • Oleh Syahriansyah
  • 04 September 2019 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Desa Parahau, Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya tingkatkan Sumber Daya Manusia atau SDM bagi masyarakatnya melalui pelatihan operator alat berat bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Murung Raya (Mura).

Kepala Desa Parahau, Theofilus Topayung menjelaskan Desa Parahau sendiri dalam 2 tahun terakhir ini fokus dalam meningkatkan SDM yang dalam hal ini selain pelatihan operator alat berat pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada beberapa masyarakat dibidang komputer dan pelatihan lainnya. 

"Beberapa pelatihan ini memang kami lakukan untuk meningkatkan SDM di Desa Parahau agar perkembangan perekonomian di Desa bisa lebih baik dari sebelumnya bahwa perekonomian di Desa Parahau sendiri sangat lemah karena rata-rata masyarakat tidak memiliki keahlian atau skil yng bisa dikembangkan menjadi peluang usaha," tuturnya, Rabu, 4 September 2019.

Pemerintah Desa Parahau juga menggolontorkan dana desa sebesar Rp 400 Juta untuk memberikan pelatihan operator alat berat bagi 9 orang warga Desa Parahau.

Dengan dilakukannya pelatihan operator alat berat ini, Kepala Desa Parahau berharap agar masyarakat tidak hanya jadi penonton bagi setiap perusahaan yang beroperasi diwilayah Kecamatan Seribu Riam khususnya di Desa Parahau. 

"Apabila warga kita sudah memiliki keahlian tentu ini akan menjadi motivasi yang baik agar setiap warga kita tidak menjadi penonton terus dengan alasan pihak perusahaan karena masyarakat tidak memiliki keahlian dibidang yang dikehendaki oleh pihak perusahaan," tutup Theofilus. (RIANSYAH/B-5) 

Berita Terbaru