Ini Upaya Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah Tekan Angka ISPA 

  • Oleh Agus Priyono
  • 11 September 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Kalteng, Endang Sri Lestari mengatakan untuk menekan penderita ISPA dilakukan dengan cara menguatkan jejaring dengan setiap dinas di kabupaten dan kota.

Kemudian rumah sakit dan meminta bantuan terhadap kesehatan pelabuhan dalam urusan pengecekan kesehatan terkhusus ISPA.

Selain itu juga melakukan pembagian masker secara rutin kepada masyarakat dan setiap sekolah yang tersebar melalui tiap Dinkes yang ada di Kabupaten/Kota di wilayah Kalteng.

“Upaya-upaya itu kamu lakukan semenjak bulan Juli hingga hari ini, itu dimaksudkan untuk menekan angka penderita ISPA di Kalteng ini,” ujar Endang, Rabu, 11 September 2019.

Pihaknya juga melakukan upaya dengan mengaktifkan sejumlah posko kesehatan. Untuk diwilayah Kota Palangka Raya, pihaknnya mengaktifkan posko kesehatan di Pusdalops BPBPK, kemudian mengaktifkan pokso di Bundaran Kecil Palangka Raya, dan bundaran Burung Palangka Raya.

“Kami mengaktifkan kembali posko kesehatan itu ditujukan kepada msyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan mereka, atau hanya sekedar ingin meminta masker agar tidak terpapar asap secara langsung,” pungkasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru