DLH Samput Baik Terpilihnya Kobar sebagai Site Project Kalfor Wilayah Kalteng 2019 - 2024

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 September 2019 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin BaratFitriyani mengaku, menyambut baik dan berterima kasih Kobar telah dipilih untuk site project Kalimantan Forest Project (Kalfor) wilayah Provinsi Kalimantan Tengah 2019 - 2024.

"Dengan dipilihnya Kobar berarti Kobar jadi percontohan daerah lain di Kalteng dalam mengembangkan pengelolaan Hutan Area Penggunaan lain (APL)," ujarnya, Kamis, 12 September 2019.

Menurut dia, dilaksanakannya diskusi rencana kerja Kalfor wilayah Kalimantan Tengah 2019 - 2024, untuk menyelamatkan hutan bagi kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Kobar memberi dukungan secara progresif dalam mengelola kawasan konservasi. Pasalnya, sangat berguna untuk pemerintah daerah maupun pusat.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat Kobar lantaran kesadaran untuk mempertahankan dan mengelola hutan masih tinggi. Terbukri APL yang ditargetkan oleh Kementerian Kehutanan 15 ribu hektare, masih ada 17 ribu hektare.

"Kita bangga dan patut mengapresiasi, dan ini bagaimana ke depan agar bisa dikelola dengan baik. Sehingga dapat menjadi nilai ekonomi bagi msyarakat tanpa merusak habitat yang ada, baik tumbuban maupun hewan," ujarnya.

Semoga desa yang dapat mengelola APL dengan baik dan tidak mengeksploitasi besar - besaran bisa menjadi contoh bagi desa lain. Supaya memahami arti pentingnya menajaga ekosistem hutan. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru