Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap Tebal, Personel Ditsabhara Polda Kalteng Gunakan Masker Tabung Oksigen

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 14 September 2019 - 17:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Para petugas pemadam kebakaran yang berusaha untuk memadamkan api penyebab kabut asap pun kewalahan. Saking pekatnya asap di tempat kebakaran lahan, personel Ditsabhara Polda Kalteng harus memakai masker tabung oksigen.

“Asapnya pekat sekali. Tidak hanya kesulitan melihat titik api, mata kami pun sangat pedih. Sehingga mau tidak mau harus mengenakan masker tabung oksigen,”ujar Ipda Hieronymus Tri saat memimpin pemadaman api yang melahap lahan di Jalan Embang VI, Kota Palangka Raya, Sabtu 14 September 2019.

 Penggunaan masker tabung oleh 12 personel Sabhara tersebut dilakukan selama proses pemadaman berlangsung. Mereka tidak pernah pantang mundur meskipun mengalami sejumlah kendala.

Pemadaman terhadap lahan terbakar yang hampir melahap rumah warga tersebut mengalami kesulitan selain pekatnya asap, juga karena sempitnya jalan masuk sehingga mobil pemadam tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran.

“Satu regu atau 12 personel Sabhara ini menggunakan satu mobil Karhutla berukuran kecil karena mobil water canon tidak bisa masuk lokasi kebakaran karena jalan sangat sempit,” bebernya.

Lanjutnya, pada prinsipnya sejumlah kendala di lapangan yang kami temukan tidak mematahkan semangat kami demi Kalteng bebas asap dan masyarakat bisa merasakan udara segar kembali. (ARNOLD/B-2)

Berita Terbaru