Rumah Oksigen Tersedia di Puskesmas dan Rumah Sakit di Gunung Mas

  • Oleh Magang 1
  • 18 September 2019 - 01:38 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Rumah oksigen di Kabupaten Gunung Mas tersedia di puskesmas dan rumah sakit yang ada di derah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Maria Efianti mengatakan layanan rumah oksigen ini merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit dampak kabut asap.

“Selain menyiapkan ruang oksigen, kami juga meminta kepada puskesmas agar memperhatikan logistik penanganan penyakit ISPA,” ujarnya saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa, 17 September 2019.

Ia menuturkan, puskesmas juga diminta melaksanakan pembagian masker kepada masyarakat, dan penyuluhan tentang dampak kabut asap kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

Di samping itu, puskesmas diminta melakukan penanganan dan melaporkan jumlah penderita ISPA dan beberapa penyakit tertentu, setiap hari, selama kondisi kabut asap.

Masyarakat, lanjutnya, dapat menggunakan ruang oksigen yang tersedia di puskesmas dan rumah sakit, tanpa dipungut biaya.

Plt Kepala Bidang P2P Kabupaten Gunung Mas, Nia Ernawaty menambahkan, ruang oksigen dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sesuai jam operasional puskesmas atau rumah sakit. (MAGANG 1/B-2)

Berita Terbaru