Kebakaran Lahan di Kasongan Hanguskan Kebun Kelapa Sawit

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 September 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Katingan Hilir masih terus terjadi. Teranyar, Rabu 18 September 2019 sore kebakaran lahan di Kasongan arah menuju Desa Talian Kereng juga menghanguskan kebun kelapa sawit milik warga.

Hingga malam ini kebakaran di wilayah ini masih berlangsung. Akibat kebakaran ini menyebabkan kepulan asap pekat membumbung tinggi.

"Sekitar pukul 16.28 WIB saya melihat kebakaran terjadi di lahan dari Kasongan menuju Desa Talian Kereng, keliatannya ada kebun sawit yang juga terbakar," sebut Frengki warga Kasongan.

Dia memprediksi akibat kebakaran di wilayah ini dimungkinkan besok wilayah Kasongan dan sekitarnya bakal kembali diselimuti asap tebal.

Pantauan borneonews.co.id selain lahan di wilayah Kasongan arah Desa Talian Kereng yang terbakar, lahan di seputaran Jalan Soekarno- Hatta Kasongan tepatnya di sekitar Jembatan Tehang petang tadi juga hangus terbakar.

Akibat kebakaran lahan di tempat ini, kepulan asap yang membumbung tinggi terlihat hingga radius lebih dari 5 kilo meter.

Meski kebakaran lahan di Kasongan dan sekitarnya sejak siang hingga malam ini terbakar, namun kondisi udara di wilayah in realatif lebih baik dibanding hari kemarin.

Meski masih diselimuti kabut asap, namun tidak terlalu tebal seperti pada Senin 16 September 2019.

Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang mengatakan sejauh ini titik api di daerahnya masih fluktuatif.

"Kalau kemarin titik api di wilayah kita ini terpantau sekitar 300-an, tapi hari ini turun menjadi 150 titik api tersebar di beberapa wilayah kecamatan," katanya.

Berita Terbaru