Sikapi Aksi Soal Kebakaran Hutan dan Lahan, ini 4 Rekomendasi DPRD Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 20 September 2019 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aksi turun ke jalan yang dilakukan HMI di Kabupaten Kotawaringin Timur, terkait kebakaran hutan dan lahan disikapi DPRD. Terkait itu, DPRD Kotim mengeluarkan 4 rekomendasi untuk pemkab.

"Ada 4 rekomendasi dari kami dalam rapat dengar pendapat ini," kata Ketua Sementara DPRD Kotim, Rimbun, Jumat, 20 September 2019.

Salah satunya, Pemkab diminta tidak merekomendasikan izin perkebunan dan pertambangan. Pemkab juga diminta memperbaiki pemulihan dampak kebakaran lahan.

Pemkab bersama TNI, Polri dan penegakan hukum melakukan tindak tegas perusahaan atau pelaku perseorangan yang melakukan pembakaran hutan dan lahan

Serta, pemkab diminta membuat rencana dan program lebih dini dalam pencegahan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

"Ini rekomendasi dari kami DPRD, kami minta Pemkab Kotim menindaklanjutinya. Bagaimana sepakat atau tidak," tukas Rimbun.

Anggota dewan yang hadir dalam rapat itu menyampaikan kesepakatannya. Sementara itu perwakilan HMI meminta agar rekomendasi itu ditindaklanjuti.

"Kami harap rekomendasi itu dijalankan eksekutif. Jangan seperti unjuk rasa kami dulu, ngambang dan tidak jelas tindaklanjutnya," pungkas Burhan Nurrahman. (NACO/B-11)

Berita Terbaru