Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukseskan Program KB Kehamilan Harus Terencana

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 24 September 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sukseskan Program KB atau keluarga berencana, kehamilan harus terencana.

"Kepada masyarakat agar dapat memahami dan membuat keputusan terkait kesehatan reproduksinya dan penggunaan alat kontrasepsi, dalam perencanaan kehamilan," ucap Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Selasa 24 September 2019.

Program Keluarga Berencana (KB) tidak hanya dimaknai sebagai pembatasan kelahiran, namun lebih dari itu untuk mendukung pembangunan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Program KB merupakan upaya untuk merencanakan kehamilan, jarak kehamilan, serta usia ideal hamil dan melahirkan.

"Akan berhasil jika masyarakat memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai KB, karena itu petugas lapangan KB (PLKB), Bidan, Dokter, serta kader kesehatan memiliki peran yang signifikan bagi keberhasilan program KB," tutur Ampera.

Beberapa hal penting untuk pencapaian hasil program KKBPK yang optimal, antara lain adalah strategi komunikasi dan sosialisasi ajakan ber-KB yang lebih inovatif sehingga masyarakat tertarik untuk ber-KB, memastikan ketersediaan alat kontrasepsi dan distribusi yang tepat di daerah dan melaksanakan monitoring pelaksanaan program kampung KB.

Dari total kesertaan ber-KB di Barito Timur masih didominasi oleh peserta KB pil 45,33% dan suntikan 37,48%. Diharapkan peserta KB non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dapat beralih ke MKJP seperti IUD, implan, MOU dan MOP. (PRASOJO/B-2)

Berita Terbaru