Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajar di Seruyan Diminta Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

  • Oleh Reno
  • 25 September 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sebagai upaya mengubah pola pikir meningkatkan kesadaran pola hidup sehat Dinas Kesehatan Seruyan menggelar gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) bagi anak sekolah. Kegiatannya ini mengajarkan mereka agar meningkatkan konsumsi sayur dan buah.

Sehingga, kesehatan mereka tetap selalu prima dan meningkatkan kebutuhan vitamin oleh tubuh serta kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit.

"Karena hasil Riskesdas tahun 2018 menunjukan bahwa anak usia >5 di Kalimantan Tengah kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Hal tersebut melebihi persentase Nasional yakni diatas angka 95,5 % di bawah anjuran, ini menjadi perhatian kita bersama," kata Asisten III Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto saat membacakan sambutan Bupati Seruyan Yulhaidir, di Kuala Pembuang, Rabu 25 September 2019.

Menurutnya, bahwa konsumsi buah dan sayur pada anak masih rendah disebabkan karena kelompok makanan tersebut biasanya kurang disukai anak. Padahal, konsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.

"Buah dan sayur merupakan kelompok pangan sumber berbagai zat gizi mikro yang penting bagi proses metabolisme tubuh. Maka dari itu maka kita mendorong agar mereka dapat meningkatkan konsumsi sayur dan buah ini," ujarnya.

Apalagi sayur dan buah merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Bahkan berbagai kajian menunjukan bahwa konsumsi buah dan sayur yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolestrol darah. Konsumsi buah dan sayur juga yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar dan kegemukan. (RENO/B-5)

Berita Terbaru