Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Catat Hanya 16 Persen LSM dan Ormas Aktif di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 September 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat hanya sekitar 16 persen lembaga swadaya masyarakat atau LSM dan Organisasi kemasyarakatan atau Ormas yang aktif.

Jika dihitung berdasarkan angka real 599 Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan yang terdaftar di Kesbangpol hanya 94 yang masih aktif.

“Memang sampai 2019 ini hanya 94 LSM dan ormas yang masih aktif. Sebanyak 505 sisanya sudah tidak lagi aktif,” kata Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng Agus Parmono, saat dikantornya, Rabu, 25 September 2019.

Padahal, menurut dia, LSM memiliki peran penting dalam pengawasan pembangunan daerah yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun rekanan.

“LSM dan Ormas merupakan mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan. Alangkah baiknya jika mereka melakukan hal yang menguntungkan bagi pembangunan Kalteng,” sebut dia.

Ia juga mengimbau LSM dan ormas untuk tidak sampai membuat tindakan yang merugikan banyak orang. Apalagi sampai mengada-ngada atau melebihkan dalam membuat aduan.

“Saya harapkan, LSM dan ormas yang masih aktif di Kesbangpol Provinsi Kalteng dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Tanpa harus merugikan orang lain,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru