Wali Kota Banggakan Indeks Pembangunan Manusia di Palangka Raya

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 September 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengklaim angka Indeks Pembangunan Manusia atau IPM masyarakat Kota Palangka Raya cukup tinggi dengan angka kisaran 7,8.

Ia menilai kecerdasan masyarakat Palangka Raya cukup baik, karena untuk mengukur kualitas dan nilai kemampuan masyarakat didasari denga  penilaian IPM.

"Kami terus membangun masyarakat cerdas. Kualitas manusia dinilai dengan IPM. Bersyukur kita sudah berada di angka 7,8 hampir menyentuh angka 8," sebut Fairid saat talk show persaingan usaha di Aula Universitas Palangka Raya, Kamis, 26 September 2019.

Sehingga, lanjut dia, secara umum tidak ada permasalahan untuk SDM, walaupun memang diakuinya masih perlu pendampingan pemerintah untuk mengemas agar masyarakat yang ipmnya tinggi tidak sia sia.

"Hal ini perlu lagi dilakukan penguatan dari sisi kesehatan agar bisa lebih tangguh dan penguatan pelatihan melalui Balai Latihan Kerja atau BLK juga," tambah Fairid Naparin.

Terakhir adalah dengan pembukaan peluang usaha dan penyerapan tenaga kerja di Kota Palangka Raya, melalui peningkatan daya tarik investor. 

"Investor akan masuk dengan melihat berbagai kondisi yang dimiliki Kota Palangka Raya, termasuk juga didalamnya kemampuan untuk memberikan tenaga kerja yng mumpuni," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru