Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Pencegahan Karhutla Lebih Baik dari Penanganan

  • Oleh Ramadani
  • 27 September 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara, H Gazali Montalatua menyebutkan upaya pencegahan Karhutla lebih baik dari pada penanganan.

"Alhamdulillah saat ini titik-titik api di wilayah Barito Utara sudah berangsur padam, ini juga berkat hujan yang turun serta upaya tim satgas yang maksimal melakukan pemadaman api di lapangan," ungkap H Gazali pada kegiatan Rakor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di aula Setda Lantai I, Jumat 27 September 2019.

Secara teknis, katanya, semua upaya penanganan Karhutla sudah baik terorganisasi terlebih koordinasi lintas sektor yang dituangkan dalam surat Keputusan Bupati sehingga semua dilakukan dengan sangat maksimal saat terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Ia juga mengatakan Satgas Karhutla melibatkan sejumlah pihak diantaranya dari sejumlah intansi terkait, lembaga mitra serta TNI dan Polri.

"Kami mengharapkan partisipasi masyarakat sehingga upaya penanggulangan maupun pencegahan kebakaran hutan dan lahan bisa berjalan dengan baik," kata Gazali.

Sementara, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan menambahkan bahwa lahan yang ada di wilayah desa Kamawen tersebut sebetulnya tidak terbakar namun ada yang membakar, karena sudah sembilan hari ditangani oleh tim gabungan karhutla belum selesai-selesai.

“Karena ada terlihat tanda-tanda di wilayah ini. Di kanan dan kiri jalan tersebut sudah ada terlihat tanaman sawit, kemudian disebelahnya ada patok-patok panah yang menunjukan bahwa itu batas. Jadi harapan kami mungkin bisa bekerjsama, kalau memang bisa Kepala Desa mengusulkan ke Dinas Pertanian untuk mengurangi membuka lahan dengan cara membakar lahan,” kata Dandim. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru