PT Kalimantan Sawit Abadi Gelar Sosialisasi Pembangunan Pabrik Biogas

  • Oleh Ainun Nadzifatus Sholikhah
  • 08 Oktober 2019 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Kalimantan Sawit Abadi (KSA) menggelar sosialisasi Clean Devolopment Mechanism (CDM). Acara ini bertujuan menyampaikan kepada para stakeholder terkait penggunaan teknologi biogas sebagai energi ramah lingkungan. 

Sosialisasi ini berlangsung di kantor pabrik kelapa sawit (PKS) Desa Natai Baru, Kecamatan Arut Selatan Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat pada Selasa (8/10/2019). KSA merupakan anak perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS.

Menurut Chief of Engineering PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk,  Genga Raj Chimmathiri, penggunaan biogas bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca akibat methan yang berasal dari limbah pengolahan pabrik kelapa sawit.

"Adapun tujuan pembangunan biogas ini yaitu sebagai usaha  atau investasi jangka panjang di bidang kelapa sawit. Sehingga menghasilkan sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan lebih hemat jika dibandingkan dengan hanya menggunakan bahan bakar solar saja," ucap Genga Raj Chimmathiri sebagai pembicara utama dalam acara tersebut.

“Kami juga sudah mempunyai satu pabrik biogas di PKS Suayap. Dari pabrik biogas ini, listrik yang dihasilkan bisa untuk memenuhi kebutuhan listrik di pabrik, penerangan perumahan milik perusahaan, dan sebagian dialirkan ke Dusun Suayap” tambahnya.

Setelah penyampaian materi,  acara dilanjutkan dengan tanya jawab seputar proses dan hasil dari proses limbah kelapa sawit yang dipandu oleh Sahrudin, Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai moderator. Dalam diskusi tersebut, terlihat para stakeholder yang antusias dan menyambut baik rencana pembangunan biogas di PKS Natai Baru ini.

“Kami mendukung penuh rencana pembangunan biogas di PKS Natai Baru ini. Saya berharap pembangunan pabrik biogas ini nantinya akan memberikan manfaat untuk semua warga di sekitar pabrik. Terutama jika banyak warga kami yang bisa bergabung di pabrik ini,” ucap Syahrudin, Camat Arut Selatan saat memberikan tanggapannya terhadap proyek ini.

Acara ini turut dihadiri oleh para stakeholder baik dari pemerintah daerah, perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Natai Baru. (AINUN NADZIFATUS SHOLIKHAH)

Berita Terbaru