Timnas Indonesia Bertekad Bawa Pulang Poin dari Kandang Uni Emirat Arab

  • Oleh Inilah.com
  • 10 Oktober 2019 - 13:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Nanti malam Timnas Indonesia akan melakoni laga ketiga grup G babak kualifikasi Piala Dunia 2022, menghadapi Uni Emirat Arab (UEA). Laga akan dilangsungkan Kamis (10/9/2019) mulai pukul 23.00 WIB. Meski berlangsung di kandang lawan, tepatnya Stadion Al Maktoum, anak asuh Simon McMenemy bertekad meraih kemenangan atau minimal membawa pulang poin.

 Tekad itu tidak lepas dari hasil minor yang diraih skuad Garuda pada dua  laga sebelumnya. Yang mana, Timnas takluk 2-3 dari malaysia dan 0-3 dari Thailand.

Hanya, upaya Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan untuk meraih poin dipastikan bakal menemukan batu terjal. Pasalnya, secara peringkat, UEA jauh berada di atas Indonesia.  UEA berada di rangking ke-66 FIFA, sedangkan Timnas Indonesia di angka 167.

Meski begitu, rekor pertemuan kedua negara berimbang, berikut data selengkapnya.

Di level senior, Indonesia dan UEA sudah empat kali bertemu. Kedua negara berbagi kemenangan pada laga tersebut.

Pertemuan pertama antara UEA dan Indonesia terjadi pada Turnamen Merdeka di Malaysia pada 1981. Tim Garuda menang dengan margin gol cukup besar 5-2.

Setahun berselang, kedua negara kembali bertemu di Malaysia pada laga uji coba. Laga berkesudahan dengan skor 1-2 untuk keunggulan UEA.

Pertemuan ketiga terjadi di ajang Asian Games 1986, saat itu Indonesia yang diperkuat Ricky Yakob sempat unggul 1-0 di awal babak kedua. Namun kemudian sempat tertinggal di babak tambahan sebelum Jaya Hartono membuat skor imbang 2-2. Indonesia mampu mengalahkan UEA lewat adu penalti untuk melaju ke semifinal.

10 tahun berselang, Indonesia kembali berhadapan dengan UEA pada fase grup Piala Asia 1996. Indonesia yang diperkuat Bima Sakti, Widodo C. Putra, Yeyen Tumena dan Hendro Kartiko harus mengakui keunggulan UEA dengan skor 0-2.

Berita Terbaru