Dinas Perhubungan Barito Selatan Desak UPTD Kementerian PUPR Perbaiki Fender Jembatan Kalahien

  • Oleh Uriutu
  • 10 Oktober 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Selatan mendesak satuan kerja jalan dan jembatan nasional UPTD perwakilan Kementerian PUPR Kalimantan Tengah memperbaiki fender Jembatan Kalahien.

Sebelumnya fender Jembatan Kalahien di Kecamatan Dusun Selatan, hancur ditabrak tongkang batu bara, beberapa waktu lalu.

Kepala Dishub Barsel Daud Danda mengatakan, pascatertabraknya fender Jembatan Kalahien, pihaknya melaksanakan rapat dengan Sekda Provinsi Kalteng. Keputusannya bahwa yang bertanggung jawab atas kerusakan yakni PT Indo Trans dan PT Bara Baronang.

Untuk perencanaan perbaikan fender tersebut diserahkan kepada satker jalan dan jeluju  UPTD Kementeraian PUPR di Palangka Raya.

“Oleh sebab itum, kita mendesak mereka agar secepatnya melakukan perbaikan. Sampai saat inipun tetap kita kejar dengan mereka untuk melakukan perbaikan,” ujar Daud Danda, Kamis, 10 Oktober 2019.

Berdasarkan keterangan dari satker jalan dan jembatan nasional UPTD Kalteng, lanjut dia, saat ini proyek perbaikan masih dalam tahap lelang.

Ia berharap, lelang segera selesai agar pelaksanaan perbaikan fender jembatan bisa dilakukan. Karena saat ini Sungai Barito surut sangat memudahkan untuk melakukan perbaikan.

“Kalau air Barito pasang, perbaikannya sangat sulit. Oleh sebab itu, kita mendesak agar secepatnya dilelang agar bisa dikerjakan,” ucap dia.

Selama perbaikan fender, maka tongkang dilarang melintasi Jembatan Kalahien. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru