Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Tiga Daerah di Kalimantan Tengah Tandatangani MoU Rencana Kerjasama

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Oktober 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah tiga daerah di Kalimantan Tengah, yakni Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, dan Kota Palangka Raya menandatangani kesepakatan bersama atau MoU kerjasama antar daerah, Senin, 14 Oktober 2019 sore.

Penandatangan dilakukan Bupati Katingan, Sakariyas, Wakil Bupati Kotim, Taufik Mukri, dan Wakil Walikota Palangka Raya, Ummi Mastikah.

Bupati Katingan, Sakariyas menyambut gembira adanya MoU bersama rencana kerja sama antar daerah ini.

"Kita bersyukur karena acara penandatanganan kesepakatan bersama MoU kerjasama antar daerah antara Pemkab Katingan, Pemkab Kotim dan Pemerintah Kota Palangka Raya ini bisa berjalan lancar," kata Sakariyas.

Dia mengatakan, berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014, setiap pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk bekerjasama dengan pihak lain. Termasuk di antaranya dengan pemerintah daerah lain.

Hal ini kemudian dipertegas dengan PP nomor 28 tahun 2018 tentang Kerjasama Daeraeh. Di pasal 3 disebutkan, kerjasama dikategorikan menjadi kerjasama wajib dan sukarela.

"Kerjasama yang akan kita lakukan hari ini termasuk kategori wajib, karena dilaksanakan oleh daerah yang berbatasan langsung," pungkasnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru