Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Heboh, Dikira Lubang Gas, Ternyata Hanya Kabel Arde PLN

  • Oleh Ramadani
  • 16 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Munculnya lubang yang ddiduga mengeluarkan gas dari tanah di bawah rumah panggung milik Mirdad yang membuat geger masyarakat Kelurahan Tumpung Laung II RT 5, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara Selasa 15 Oktober 2019 sekitar pukul 20.00 WIB ternyata hanya kesalahan teknis akibat pemasangan kabel arde PLN terbalik arus.

Camat Montallat Johansyah mengungkapkan kejadian yang diduga sebuah fenomena alam yakni berupa semburan gas air panas di bawah rumah panggung salah satu warga di Kelurahan Tumpung Laung II hanyalah sebuah kesalahan teknis.

"Setelah diteliti apa penyebabnya ternyata hanya korsleting arde kabel bawah tanah dan telah diperbaiki oleh ULD PLN Tumpung Laung," ujarnya, Rabu 16 Oktober 2019. Saat ini warga sudah beraktivitas seperti biasa.

Sebelumnya, lubang yang diduga gas yang sempat membuat geger warga. Pertama kali ditemukan oleh Kurniansyah yang curiga muncul bau tidak biasa seperti bau ban bekas atau batubara terbakar. 

Kemudian, oleh yang bersangkutan mencari bau tersebut dan menemukan lokasi asal bau hingga melakukan penggalian kecil pada lokasi tersebut sehingga mengakibatkan terdapat genangan air yang mendidih.

"Untuk kondisi air yang berada di genangan tersebut terasa panas, mendidih dan mengeluarkan uap dengan bau kurang sedap meski tidak terlalu menyengat," ungkap Kapolsek Montallat AKP Fry Mayedi.

Atas temuan tersebut, Polsek Montallat telah melakukan tindakan awal seperti mengevakuasi pemilik rumah tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk sementara waktu.

Sedangkan tindakan yang dilakukan adalah memasang police line di sekitar lokasi dengan paramater 10m.

"Selanjutnya mematikan aliran listrik di rumah Mirdad (karena negatip kabel listrik berada di bawah tanah rumah tersebut). Selain itu membuat imbauan kepada masyarakat sekitar untuk tidak menyalakan api sekitar lokasi serta menjaga lokasi oleh polisi," jelasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru