Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Limbah Medis Tidak Bisa Sembarangan 

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Oktober 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesmana mengatakan bahwa penanganan limbah medis tidak bisa sembarangan, mengingat apabila lalai dalam pengelolaannya akan menimbulkan dampak buruk.

"Secara medis, limbah B3 ini ada limbah jenisnya infeksius, limbah non infeksi dan limbah cair, itu penanganannya harus masing-masing," ujar Rendy Lesmana, Kamis, 17 Oktober 2019.

Menurut Rendy, karena penanganan limbah tidak sembarangan, sehingga ada aturan tertentu yang mengatur dalam proses penanganan limbah tersebut.

"Dalam proses pengelolaan limbah ini, karena pihaknya yang menghasilkan limbah maka merekalah yang harus mengelolanya sendiri, dan mungkin juga selama ini ada yang dititipkan kerumah sakit, mungkin ada beberapa puskesmas dan puskesde," ujarnya.

"Limbah B3 ini tidak bisa disinpan lama, ada jangka waktu tertentu, maka rumah sakit akan menyampaikan kepada pihak ketiga sebagai transforder untuk membawa limbah tersebut ke suatu wilayah atau perusahaan yang menangani limbah medis ini," terang Rendy.

Rendy menambahkan, bahwa sosialiasi pengelolaan limbah medis atau B3 bagi fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Sukamara adalan upaya mengantisipasi resiko yang dapat ditimbulkan dari limbah apabila dikelola dengan benar. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru