Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Kotim: Pesantren Laboratorium Perdamaian

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Oktober 2019 - 09:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotim atau Kotawaringin Timur Taufiq Mukri menilai bahwa pesantren merupakan laboratorium perdamaian. Ini seiring dengan fakta bahwa pondok adalah tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam yang ramah, dan moderat dalam beragama. 

"Pesantren adalah laboratorium perdamaian, baik itu di daerah ini maupun di Indonesia pada umumnya," ujar Taufiq, saat menjadi inspektur upacara hari santri nasional di halaman kantor Pemerintah Daerah (Pemda), Selasa, 22 Oktober 2019.

Dirinya menerangkan, pesantren merupakan tempat menuntut ilmu yang sangat baik untuk perkembangan anak kedepan. Karena para santri di pesantren akan mendapatkan pendidikan sikap moderat dalam beragama. Hal itu sangat penting bagi masyarakat di daerah ini yang plural dan multikultural. 

"Pendidikan di pesantren sangat baik karena akan mengajarkan betapa pentingnya toleransi dan keadilan. Karena daerah kita ini merupakan berbagai macam perbedaan baik agama maupun suku dan lainnya, sehingga pendidikan tersebut sangat penting," kata Taufiq. 

Semangat ajaran di pesantren akan dapat menginspirasi santri di pesantren untuk berkontribusi merawat perdamaian di Indonesia ini.

Dirinya juga menyebutkan bahwa hingga saat ini komitmen santri sebagai pecinta tanah air tidak pernah pudar. Sebab mereka tetap berpegang teguh pada kaidah hubbul wathan minal iman. Yang artinya cinta tanah air sebagian dari iman. 

"Dengan berpegang teguh pada kaidah tersebut, maka santri akan terus berkontribusi merawat perdamaian dunia," terang Taufiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru