Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gaji Mengejutkan Anggota DPRD Kotim Belum Diimbangi Peningkatan Kinerja

  • Oleh Naco
  • 28 Oktober 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gaji anggota DPRD Kotawaringin Timur cukup mengejutkan. Namun, bagi sebagian pihak, hal tersebut belum diimbangi dengan peningkatan kinerja.

Dengan besaran gaji itu, jika dihitung kotor selama lima tahun menjabat, biaya politik saat Pemilu Legislatif 2019 akan kembali. Setiap bulan anggota DPRD berpenghasilan kotor sekitar Rp 39 juta, itu belum termasuk potongan pajak dan potongan fraksi partai politik.

Kemudian, dalam setahun mampu mendapatkan sekitar Rp 468 juta. Dalam lima tahun menjabat maka  mampu mendapatkan sekitar Rp 2,3 miliar.

Sementara itu APBD Kotim dalam sebulan tersedot sekitar Rp 1,5 miliar untuk penghasilan anggota dan pimpinan DPRD Kotim. Selain dana itu anggota DPRD juga mendapatkan fasilitas dana perjalanan dinas sekitar Rp 150 juta pertahunnya untuk tiap anggota.

Meski begitu, sejak ditetapkannya SK  anggota DPRD Kotim lalu tidak sedikit juga mereka yang langsung menggadaikan SK itu ke lembaga perbankan. Mereka meminjam dana segar dari ratusan juga hingga miliaran rupiah.

"Itulah salah satu obsesi mengapa banyak yang habis-habisan, sampai berani habiskan ratusan hingga miliaran rupiah," kata pengamat hukum dan politik di Kotim, Agung Adisetiyono, Senin, 28 Oktober 2019.

Sayangnya, kata dia penghasilan DPRD yang begitu besar sejauh ini tidak diimbangi dengan kinerja. Selama ini, ia melihat apa yang dihasilan di DPRD hanya sebatas berkutat di legislasi. 

Fungsi pengawasan hingga penganggaran tidak berjalan optimal. Apalagi baru-baru ini saja mereka sudah melakukan perjalanan dinas ke mana-mana.

Harusnya, menurut Agung, pengawasan kebijakan pemerintah maksimal, apalagi penganggaran. Wakil rakyat harusnya bisa memperjuangkan daerahnya secara maksimal.

"Kita lihat pembahasan APBD 2020 ini, mampu tidak mereka perjuangkan aspirasi masyarakat, ini pembuktian untuk melihat kemampuan mereka," tegasnya.

Berita Terbaru