Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serap Aspirasi Warga Mengenai Pembangunan, Pemdes Teluk Malewai Gelar Musrenbangdes

  • Oleh Ramadani
  • 28 Oktober 2019 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat akan prioritas pembangunan, Pemerintah Desa atau Pemdes Teluk Melewai, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau MusrenbangDes di aula kantor desa.

Kepala Desa Teluk Malewai, Sugitu Rianto didampingi Sekretaris Desa mengatakan tujuan umum dari pelaksanaan kegiatan Musrembang Desa yaitu mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan tahunan di tingkat desa.

“Pada tahun 2020 ada tiga perioritas utama pembangunan di Desa Teluk Malewai yaitu infrastruktur, penanggulangan stunting dan peningkatan sumber daya manusia,” kata Sugitu Rianto, Senin 28 Oktober 2019.

Kades juga berharap apa yang semua sudah direncanakan bisa tercover dan bisa sesuai harapan warga desa serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyrakat Desa Teluk Malewai.

Sementara Sekretrais Kecamatan Lahei Barat, Fahrudin menambahkan, pelaksanaan MusrenbangDes ini sebagaimana diatur di dalam Permendagri No 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Menurutnya, di Permendagri tersebut disebutkan bahwa perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh desa dengan melibatkan badan permusyawaratan desa (BPD) dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemamfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembagunan desa.

“MusrebangDes adalah forum musyawarah perencanaan tahunan ditingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembagunan hasil musyawarah desa dan hasil dari Musrembang Desa ini nantinya akan diusulkan ditingkat kecamatan,” kata Fahrudin. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru