Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Perdagangan Orang, Polda Kalteng Sosialisasi ke Sekolah

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 05 November 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka mencegah terjadinya perdagangan orang atau manusia yang mengorbankan kaum muda atau milenial, Polda Kalteng gencar melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah atau lembaga pendidikan tinggi di Kalimantan Tengah. 

“Aksi nyata yang sudah dan sedang dilakukan oleh Polda Kalimantan Tengah ialah dengan melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. Mulai dari tingkat pertama hingga pada lembaga pendidikan tinggi. Itu memang sudah menjadi komitmen Polda Kalteng,” ujar Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan, Selasa 5 November 2019.

Terhadap para kaum muda atau milenial petugas kepolisian selalu memberikan gambaran tentang perdagangan orang, baik modus operandi hingga bahaya yang ditimbulkan jika terlibat dalam kejahatan kemanusiaan tersebut.

“Kita ingatkan kepada mereka khususnya yang mungkin kurang mendapat perhatian dari orang tua atau keluarga agar tidak mudah tergiur dengan ajakan orang tidak dikenal, apalagi menawarkan pekerjaan ke luar negeri,” jelasnya.

“Karena bagi kaum muda terkhususnya perempuan ada potensi dan selalu menjadi korban dengan tawaran tersebut. Bukan tidak mungkin bisa dijadikan sebagai pelaku prostitusi dan lain sebagainya. Ini yang selalu kami arahkan dan sadarkan mereka di setiap sekolah,” ujarnya.

Hendra sangat mengharapkan dengan adanya sosialiasi atau penyadaran yang diberikan terhadap para pelajar, muncul sebuah kesadaran bersama untuk tidak terlibat dalam perdagangan orang, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban. (ARNOL/B-2)

Berita Terbaru