Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Tumbang Pajangei Gandeng Dinas PMD untuk Pengembangan Ekonomi Desa

  • 06 November 2019 - 11:30 WIB

BORNONEWS,  Kuala Kurun - Dalam upaya meningkatkan pengembangan ekonomi perdesaan, Pemerintah Desa Tumbang Panjangei, Kecamatan Tewah, mengandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Setempat. 

Kasi Pemberdayaan Perdesaan, Novi Rela mengatakan, upaya tersebut dnegan melaksanakan pelatihan Teknologi Tepat Guna atau TTG. 

"Perserta pelatihan terdiri dari ibu-ibu TP PKK dan ibu rumah tangga terampil di Desa Tumbang  Pajangei," kata Novi Rela, Rabu, 6 November 2019.

Dia menerangkan, di pelatihan tersebut disampaikan cara untuk pemanfaatan TTG dalam rangka menunjang perekonomian keluarga. Yaitu dengan mengelola sumber daya alam atau SDA di sekitar desa. 

"Dalam pelatihan ini yang kami ajarkan kepada IRT dan Ibu-ibu PKK, mengenai cara pembuatan keripik pisang dengan menggunakan alat TTG," terangnya. 

Sementara itu, Kasi KDA dan TTG, Alduran Ricardo menuturkan, TTG merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan, menjawab permasalahan, dan tidak merusak lingkungan.

"Selain itu dapat dimanfaatkan masyarakat secara mudah. Serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup," tuturnya. (HENDRA/B-11) 

Berita Terbaru