Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Benda Bersejarah Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Gunung Mas

  • 08 November 2019 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sejumlah benda bersejarah hingga cagar budaya ditemukan tersebar di Kabupaten Gunung Mas. Benda bersejarah itu tersebar di sejumlah wilayah.

"Dari hasil survei dan pengendalian benda cagar budaya, benda artefak, dan benda sejarah di Gunung Mas, ada penemuan," kata Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Gunung Mas, Christira Elyswandi, Jumat, 8 November 2019.

Dia menuturkan, penemuan benda bersejarah itu berdasarkan inventarisasi yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB, Balai Arkeologi,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, serta Dinas Dikbud Gunung Mas. 

Dia mengatakan, dengan ditemukannya benda bersejarah yang diperkirakan berusia ratusan tahun itu, maka selayaknya Kabupaten Gunung Mas memiliki museum. 

"Agar benda bersejarah yang ada ini dapat disimpan, sehingga terjaga kelestariannya,” jelasnya. 

Sementara itu, juru pelestarian cagar Budaya Gunung Mas, Firion menjelaskan, artefak yang ada merupakan peninggalan sejarah purbakala di salah satu lokasi.

"Temuan ini hanya sebagian saja, berasal dari satu lokasi. Di sana masih banyak artefak lainnya,  Kita patut berbangga, daerah kita memiliki ratusan bahkan ribuan lokasi situs cagar budaya,” jelasnya. (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru