Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagrin Barito Utara Terima Bantuan Alat Metrologi Legal dan Kendaraan Operasional

  • Oleh Ramadani
  • 13 November 2019 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Barito Utara menerima bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) berupa peralatan metrologi legal dan kendaraan operasional.

Kepala Disdagrin Barito Utara H Hajrannor melalui pelaksana teknis bidang metrologi legal, Erina Primayanti Bagan mengatakan Disdagrin Barito Utara menerima bantuan dari DAK tahun 2019.

“Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra didampingi pejabat lainnya,” kata Rina Primayanti Bagan, Selasa 12 November 2019.

Ia mengatakan, bantuan kendaraan operasional ini di alokasikan melalui DAK tahun 2019 berupa satu unit kendaraan roda empat dan dua unit kendaraan roda dua, satu tranmisi manual dan satu tranmisi metik.

"Sedangkan untuk peralatan metrologi legal kami menerima surat keputusan dari Kementerian, Dinas Peridang mampu untuk melakukan pelayanan tera-tera ulang, untuk jembatan timbang, pasar dan untuk SPBU," katanya.

Untuk tera perdana SPBU akan dilakukan tera ulang pada SPBU Kandui, setelah selesai dilaksanakannya tera ulang pasar.

Selain itu juga, jelasnya, untuk peralatan yang besar-besar seperti tutsid, tutsida tersebut masih dikerjakan oleh Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) regional III Banjarmasin.

“Untuk tera ulang diwajibkan setiap tahun, jadi untuk pasar-pasar, Insya Allah di 2020 semua pasar akan kami tera ulang semua. Namun untuk tera ulang awal ini akan dilaksanakan pada Pasar Bebas Banjir (PBB),” ujar wanita yang akrab disapa Rina ini.

Lebih lanjut, Rina menjelaskan, untuk jembatan timbang berdasarkan permintaan perusahaan, tetapi biasanya setiap satu tahun sekali pihak perusahaan melakukan permohonan untuk melakukan hal itu.

“Selama ini masih melakukan pendampingan dari BSML regional III Banjarmasin, tetapi untuk akhir 2019 ini kita bisa melaksanakan sendiri,” ucapnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru