Jangan Gengsi, Tempe Kaya Gizi Cegah Anak Stunting

  • Oleh Teras.id
  • 17 November 2019 - 14:02 WIB

TEMPO.CO, Tangerang - Halida Hatta, putri Proklamator Bung Hatta, terlihat lahap mencicipi berbagai olahan tempe di Kick Off Festival Tempe 2019 yang berlangsung meriah di Roemah Boedaja Roemboer jalan Cilangkap Pasar Lama, Tangerang, Sabtu 16 November 2019.

"Wah mantap," kata Halida mengacungkan jempol saat menyicipi sambal pala untuk cocolan tempe keripik.

Tak hanya Halida bos pabrik tempe Rumah Tempe Indonesia di Bogor, Suhaeri, pun sumringah ketika menyicipi biskuit dengan pasta dari bahan baku tempe.

"Saya sudah sering hadir dan mencicipi makanan olahan berbahan tempe. Kalau ini lezat masakan khas Nusantara, beberapa waktu lalu tempe diolah menjadi burger dan bolu," katanya ditemui Tempo di acara Festival Tempe.

Dalam acara Kick Off Festival Tempe 2019 itu, Suhaeri memasok sebanyak 450 tempe untuk diolah menjadi sebanyak 50 jenis masakan seperti; acar timun tempe, tahu tempe saus Padang, pare tempe, lodeh tempe, sambel godok petempe, tempe panggang bumbu mertua, pasta tempe, sate tempe wangi, burger tempe dan masih banyak olahan berbahan baku tempe.

Menurut budayawan sekaligus pendiri Museum Benteng Heritage Udaya Halim, Festival Tempe 2019 merupakan acara kick off atau permulaan.

“Tahun depan kami berharap menjadi acara nasional. Kami akan support festival tempe serupa di Yogyakarta dan kota lain," kata Udaya.

Udaya menyebutkan Festival Tempe ini berlangsung berkat kreasi yang diselenggarakan Komunitas Lingkar Budaya Indonesia bekerja sama dengan Museum Benteng Heritage dan Persaudaraan Peranakan Tionghoa Warga Indonesia (PERTIWI).

"Festival Tempe ini mengampanyekan tempe sebagai makanan sehat yang bisa mencegah kekurangan gizi pada anak atau stunting," kata Udaya.

Maka dari itu tagline Festival Tempe yang digaungkan kepada masyarakat Indonesia adalah 'cegah stunting makan tempe.'

Berita Terbaru