Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi PKB DPRD Dukung Persoalan Kemiskinan Jadi Fokus Perhatian Pemkab Kotim

  • Oleh Naco
  • 19 November 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Juru bicara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur, Bima Santoso, mendukung persoalan kemiskinan di Kotim menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah. 

Kemiskinan merupakan salah satu tantangan yang harus segera dituntaskan pemerintah pusat hingga kabupaten. Program ini hendaknya dituangkan melalui kebijakan anggaran pengentasan kemiskinan.

Bima Santoso mengatakan, suatu daerah belum bisa dikatakan makmur apabila tingkat kemiskinan masih tinggi. Kendati demikian, tingkat kemiskinan di Kotim cenderung menurun setiap tahunnya.

Dari tahun 2016 sebesar 6,32%, tahun 2017 sebesar 6,24% dan 2018 sebesar 6,21 %. Namun, jika dicermati tingkat penurunan kemiskinan tersebut belum signifikan. Karena ada salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan. 

"Faktor itu jumlah penduduk yang cukup besar serta diikuti oleh migrasi. Penduduk dari luar daerah yang mengadu nasib mencari pekerjaan di Kabupaten Kotim," kata Bima Santoso, Selasa, 19 November 2019.

Menurutnya mereka paham jika salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan ini karena ada migrasi penduduk dari luar Kotim. Mereka datang ke Kotim mencari pekerjaan terutama di sektor perkebunan.

Meski begitu, Bima Santoso mengakui tingkat pengangguran di Kotim cenderung menurun dan di bawah tingkat pengangguran nasional yang mencapai 5,34%. Meski demikian angka itu harus ditekan lagi seminimal mungkin. (NACO/B-11)

Berita Terbaru