Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Disarankan Miliki Keterampilan dan Pengetahuan Kepramukaan

  • Oleh Norhasanah
  • 19 November 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Kwarcab Sukamara, Ahmad Zunani menyarankan agar guru di daerah dapat diberikan keterampilan dan pengetahuan di bidang kepramukaan.

"Suatu kebijakan yang strategis, apabila para pendidik formal atau komponen masyarakat lainnya dibekali dengan pengetahuan di bidang kepramukaan," kata Ahmad Zunani, Selasa, 19 November 2019.

Menurutnya, pembinaan kepramukaan merupakan pendidikan dalam membimbing dengan penuh cinta kasih dan suka rela, dengan pola pendekatan antara kakak dan adik.

"Pola pendidikan seperti ini belum tentu ada di dalam pendidikan formal dan non formal lainnya," tukas Zunani.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwista tersebut menuturkan, pembina merupakan ujung tombak dalam pendidikan kepramukaan di gugus depan. Sebab, menjadi tauladan peserta didiknya.

"Upaya mengimplementasikan hal tersebut, maka memerlukan dukungan dan kerjasama semua jajaran. Baik dari gerakan pramuka itu sendiri maupun masyarakat dan pemerintah," ujarnya.

"Ypaya tersebut memerlukan penyelarasan dengan dinamika, masyarakat tanpa mengabaikan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan, dan juga perlu disinergikan dengan arah kebijakan pembangunan daerah," jelas Ahmad Zunani. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru