Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Didik MAN Kapuas Manfaatkan Sampah Jadi Kreasi Alat Musik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 November 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Peserta didik di MAN Kapuas memanfaatkan sampah disulap menjadi sejumlah kreasi alat musik yang mampu menghasilkan nada maupun lantunan suara indah.

Kreatifitas itu digagas oleh guru Seni Budaya MAN Kapuas, Bayu Dwi Prasetyo bersama peserta didiknya. Ia menuturkan ide untuk membuat kreasi musik sampah muncul dari kekhawatiran terhadap dampak negatif sampah di Kapuas.

“Hampir setiap hari saya melihat masalah sampah seperti tidak ada habisnya. Kemudian terpikir oleh saya, bagaimana benda-benda yang terbuang ini bisa dipakai kembali dan menghasilkan nilai seni yang sekaligus dapat mengasah kreatifitas,” ucap Bayu, Jumat, 29 November 2019.

Guru yang juga aktif sebagai pembina ekstrakurikuler paduan suara MAN Kapuas ini menjelaskan, bahan yang digunakan untuk membuat kreasi musik sampah di antaranya botol kaca bekas yang diisi dengan air dengan volume berbeda-beda. Hasilnya, tercipta nada yang bervarasi.

“Kami gunakan juga  kaleng bekas dan galon air mineral,” tuturnya.

Cara memainkan alat musik tersebut adalah dengan mengkolaborasikan seluruhnya mengikuti irama dan nada tertentu. "Biasanya semakin  banyak orang yang memainkan dan semakin beragam alat musiknya, maka akan semakin bagus musik yang dihasilkan," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala MAN Kapuas Ahmad Mulyadi menyambut baik adanya program pembelajaran yang menyisipkan praktik peduli lingkungan. Ia berharap ide semacam itu terus dikembangkan.

“Alat musik dari barang bekas menjadi sarana untuk mengasah kreatifitas siswa, sekaligus memupuk rasa peduli lingkungan, ini akan kami kembangkan,” ucap Mulyadi. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru