Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Terawan Mulai Manfaatkan Eceng Gondok untuk Kerajinan

  • Oleh Magang 2
  • 30 November 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang Banyaknya eceng gondok tumbuh di sungai sekitar Desa Terawan Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, kini mulai dilirik warga untuk mengolah  berbagai macam bentuk kerajinan.

Elly Ermawati, salah seorang anggota PKK Desa Terawan mengatakan, saat ini para ibu desa setempat sudah mulai memanfaatkan keberadaan eceng gondok, yang selama ini, dianggap sebagai  tanaman pengganggu karena menutupi sungai di desa setempat.

“Beberapa waktu lalu kami mendapat pelatihan dari Diskoperindag Seruyan bersama Dekranasda Seruyan, untuk mengolah eceng gondok menjadi berbagai kerajinan, dan akhirnya para ibu disini mulai tertarik membuat kerajinan,” kata Elly Ermawati, Sabtu, 30 November 2019.

Ada berbagai kerajinan yang sudah di ciptakan ibu ibu desa Terawan, seperti tas , tempat tissu  dan beraneka kerajinan lainnya.

Proses pembuatan kerajinan dari eceng gondok ini, memang memerlukan beberapa tahapan proses mulai  penjemuran, penyiapan pola hingga bisa diolah berbagai bentuk kerajinan.

“Kami berharap kerajinan dari eceng gondok ini, bisa berkembang, sehingga eceng gondok yang selama ini hanya mengotori sungai bisa dimanfaatkan dan  diharapkan memiliki nilai ekonomis untuk menambah penghasilan para ibu di desa kami,” harapnya. (MAGANG 2/B-2)

Berita Terbaru