Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan Program Studi Politeknik Sukamara Harus Memperhatikan Kebutuhan Pasar

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Desember 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sukamara Evi Andriani berharap, pemilihan program studi politeknik yang akan dibuka agar memperhatikan kebutuhan pasar.

"Harapan kami jurusan politeknik yang dibuka nanti memang benar-benar bedasarkan kebutuhan pasar, sehingga tidak hanya berbicara masalah potensi yang tersedia, tetpi juga berbicara dengan kebutuhan pasar," ucap Evi Andriani, Selasa, 3 Desember 2019.

Menurit Evi, kebutuhan pasar yang dirinya maksut, tidak hanya bersangkutan mengenai jurusan saja, namun juga kemampun mahasiswa nantinya dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki selama masa pendidikan.

"Karena kebanyakan mereka yang lulus, ternyata itu tidak masuk dalam spesifikasi dari perusahaan, contohnya beberapa waktu lalu ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dibidang kelistrikan, pendaftarnya ada tetapi spesifikasinya tidak memehuni," ujarnya.

"Sehingga tidak bisa diserap oleh perusahaan, akhirnya perusahaan menyerap tenaga kerja yang ada diluar daerah," jelasnya.

Evi menambahkan, bahwa perusaahan swasta di Kabupaten Sukamara akan bayak membutuhkan tenaga kerja, sehingga juran nantinya bisa mengarah terhadap peluang-peluang tersebut.

"Diperusahaan itu tidak hanya membutuhkan tenaga dari pendidikan SMA atau SMK saja, tetapi juga perguruan tinggi, namun nyatanya banyak juga perguruan tinggi yang tidak terserap di perusahaan," tukas Evi Andriani. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru