Pemkab Kotawaringin Timur Sosialisasi Program E-Beschikking ke SOPD

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Desember 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim)sosialisasi program E-Beschikking terhadap Satuan Organisasi Prangkat Daerah (SOPD) di daerah ini. 

"Hari ini kami melakukan pengenalan atau sosiaprogram E-Beschikking. Agar pada Januari 2020 mendatang bisa diterapkan," ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum Imam Subekti, Rabu, 4 November 2019. 

E-Beschikking sendiri merupaka ketetapan yang diterbitkan melalui sistem elektronik atau berbasis online. Sehingga nantinya jika sudah ditetapkan, maka pengurusan penerbitan keputusan buati bisa dilakukan secara online. Tidak ada lagi yang mebgantar berkas ke kantor untuk melakukan verifikasi dan perbaikan. 

"Kalau itu nantinya sudah dijalankan, maka akan mempermudah penyelenggaraan  administrasi publik, yang jauh lebih efektif dan juga efisien," kata Imam. 

Dirinya juga menerangkan bahwa selama ini keputusan bupati yang selama ini diterbitkan mdlalui prosedural yang tahapannya cukup banyak dan memerlukan banyak waktu, kini bisa dipangkas melalui program E-Beschikking. Karena dikirim mellaui aplikasi dan bisa langsung di koreksi. 

"Jadi tidak ada lagi memakai kertas untuk tahapannya, semua melalui aplikasi. Terkecuali sudah selesai dan harus ditandatangani baru dicetak," terang Imam. 

Dirinya berharap seluruh SOPD bisa menerapkan hal itu pada Januari 2020 mendatang. Dan waktu 1 bulan ini, dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempelajari program tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru