Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Maunya Ketua KPK Firli Bahuri

  • Oleh Inilah.com
  • 31 Desember 2019 - 21:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPK Firli Bahuri memberikan gambar bagaimana arah kebijakan komisi antirasuah ke depan. Ia mengatakan, pola penegakan hukum KPK kedepan harus mampu memberikan kepastian hukum, keadilan, dan kemanfaatan nyata.

"Bukan menebar ketakutan berusaha dan ketidakpastian investasi," kata Firli saat dikonfirmasi.

Oleh sebab itu, ia tak mau pola penegakan hukum seperti operasi tangkap tangan (OTT) tidak sampai berdampak pada terganggunya investasi, iklim usaha, hilangnya lapangan pekerjaan, dan matinya perekonomian.

Selain itu, menurut dia, kegiatan penegakan hukum seperti OTT pun nyatanya tak terlalu efektif, khususnya dalam mengembalikan keuangan negara.

Ia menuturkan, sepanjang 2016-2019 KPK sudah melakukan OTT sebanyak 87 kali. Namun dari OTT yang telah menjadikan 327 tersangka itu, nyatanya kerugian negara yang berhasil didapatkan lebih kecil.

"Uang negara yang bisa diselamatkan hanya Rp1,7 triliun. Jumlah itupun hasil total dari uang denda, uang pengganti, dan barang rampasan," kata dia.

Menurut dia, potensi kerugian negara yang dihasilkan dari pencegahan korupsi lebih besar.

"Upaya pencegahan korupsi mampu menyelamatkan potensi kerugian keuangan negara tahun 2016-2019 sebesar Rp61,5 triliun," kata Firli. [INILAHCOM/rok]

Berita Terbaru