DLH Katingan Kini Miliki Alat Pantau Kondisi Cuaca

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Januari 2020 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pihak Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan kini memiliki alat untuk memantau kondisi cuaca, yakni water station.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Hap Baperdo mengatakan, alat water station itu sudah terpasang di 13 wilayah kecamatan sejak sebulan terakhir.

Menurutnya, water station ini untuk mengetahui curah hujan, arah angin dan sebagainya. "Data tersebut kemudian dapat dibuka di handphone atau HP  masing- masing, dan kita dapat mengetahui semua kondiai cuaca dari hulu sampai ke hilir," katanya, Rabu, 15 Januari 2020.

Dari 13 kecamatan, lanjutnya, ada satu kecamatan yang masih kesulitan mengirimkan data karena signal turun naik. Yakni wilayah Kecamatan Bukit Raya.

Sebelum adanya alat water station, Hap Baperdo mengaku jika pihaknya mengandalkan informasi soal cuaca di wilayah Kabupaten Katingan dari pihak BMKG Kalteng.

Hap Baperdo menilai saat ini curah hujan di daerahnya cukup tinggi. Akibatnya, daerah aliran sungai atau DAS Katingan naik.

Hap memprediksi jika curah hujan tinggi di bagian hulu, maka bukan tidak mungkin air Sungai Katingan akan meluap terutama di bagian hilir. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru