Gubernur Sebut Forum Pengurangan Resiko Bencana Harus Bisa Laksanakan 3 Fungsi

  • Oleh Agus Priyono
  • 19 Januari 2020 - 23:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Usai disahkan beberapa waktu lalu, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran meminta kepada Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) bisa menjalankan fungsi.

Sugianto menyebut ada 3 fungsi FBRB untuk dilaksanakan. Yakni memfasilitasi pengembangan SDM dan kelembagaan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) melalui sosialisasi, identifikasi resiko bencana, penghubung, koordinasi, dan konsilidasi pemangku kepentingan dan atau lembaga lainnya yang dapat berkontribusi pada penguatan sumber daya PRB.

Menjadi wadah komunikasi, koordinasi, dan konsolidasi para pemangku kepentingan di Kalteng untuk memberikan sumbangsih dalam pelaksanaan dan keberlanjutan yang selaras dengan strategi PRB secara lokal maupun nasional.

Juga melakukan analisa PRB dari berbagai sudut pandang pemangku kepentingan dan multi sektor sebagai masukan dalam rumusan kebijakan PRB.

"Forum itu harus bisa melaksanakan fungsinya agar nanti kedepan bisa berjalan seperti yang sudah diharapkan," ujarnya, Minggu, 19 Januari 2020.

Dia menjelaskan FPRB merupakan forum penanggulangan bencana yang bersifat independen. Untuk itu diharapkan jika forum ini dapat mengatasi penanggulangan atau bahkan mengurangi bencana yang terjadi di Bumi Tambun Bungai.

"Forum penanggulangan bencana bersifat independen. Forum ini merupakan wadah yang melibatkan unsur pemerintah, swasta, media masa, lembaga internasional dan pemangku kepentingan di Kalteng," pungkasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru