Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berbarengan dengan Haul Guru Sekumpul, Jadwal Pilkades di Kotim Diundur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Januari 2020 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diundur. Yang sebelumnya akan dilaksanakan pada 29 Februari 2020, diundur jadi 14 Maret 2020 mendatang. Penyebabnya, karena ada haul akbar KH Zaini Abdul Ghani atau dikenal dengan Guru Sekumpul.

"Karena berbarengan dengan haul Guru Sekumpul, makanya kami undur menjadi tanggal 14 Maret pelaksanaan Pilkades di Kotim ini," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kotim Hawianan, Rabu, 22 Januari 2020.

Pihaknya terpaksa melakukan hal itu, karena merupakan aspirasi dari masyarakat. Selain itu juga tidak melanggar aturan yang ada. Sehingga pihaknya menyetujui hal tersebut dilakukan.

Dirinya juga menyebutkan bahwa, saat haul Guru Sekumpul akan banyak masyarakat Kotim terutama yang beragama Islam berangkat ke Kalimantan Selatan. Apalagi seperti di wiayah Selatan, banyak warganya yang lebih mengutamakan hal itu dibandingkan menentukan hak pilih pada Pilkades. 

"Aalasan tersebut sangat masuk akal, apalagi kami ingin pada Pilkades 2020 inu partisipasi pemilih tinggi," terang Hawianan. 

Sementara, aspirasi tersebut disampaikan oleh sejumlah camat, seperti Camat Mentaya Hilir Selatan, Camat Teluk Sampit, PLT Camat Cempaga, dan juga Camat Mentaya Hilir Utara. 

Mereka mengatakan bahwa hal itu sudah setiap tahun terjadi. Bahkan beberapa orang menyiapkan angkutan agar masyarakat bisa hadir ke haul tersebut. Sehingga disetiap desa, warganya akan banyak yang berangkat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru