Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kembangkan Obor Pangan Lestari Jad Sarana Pemanfaatan Pekarangan Kantor dan Rumah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2020 - 12:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengembangkan Obor Pangan Lestari (OPAL) di halaman kantor mereka. Cara ini dilakukan sebagai pemanfaatan pekarangan dengan menanam berbagai jenis tanaman sayuran.

"OPAL ini merupakan upaya kami untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah dan kantor, dengan fokus tanaman holtikultura," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara, Kamis, 23 Januari 2020.

OPAL merupakan program nasional yang diperuntukkan bagi lingkup Kementerian Pertanian, dinas provinsi dan kabupaten/kota. Dibidang urusan pertanian atau pangan, dengan dasar hukum pelaksanaan merujuk Permen Pertanian No 10 Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari.

OPAL juga sangat menguntungkan bagi masyarakat dan perkantoran yang melaksanakannya. Karena tidak akan repot lagi membeli sayuran, karena sudah bisa memproduksi sendiri atau bahkan menjual kepada warga lainnya.

"Tentu sangat menguntungkan jika OPAL dikembangkan, karena tidak khawatir lagi dengan kebutuhan sayuran dirumah," katanya.

OPAL bisa dilakukan di mana saja dan tanaman yang dikembangkan bisa berupa pertanaman di lahan, polybag, pot, aquaponik, atau vertikultur yang disesuaikan luas area dan karakteristik tanah. OPAL ditata sedemikian rupa dengan memperhatikan nilai estetika sehingga diperoleh lingkungan perkantoran yang nyaman dan asri.

"Tujuan diadakannya OPAL tidak lain adalah untuk memanfaatkan lahan perkantoran sebagai media penyediaan pangan, dan gizi. Sehingga jadi sarana percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangannya," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru