Gubernur Kalimantan Tengah Kembali Tegaskan akan Ambil Alih Jalan Eks Pertamina

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Januari 2020 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, kembali menegaskan pemerintah provinsi akan mengambil alih jalan eks Pertamina.

Sugianto Sabran menyampaikan hal tersebut saat berdialog dengan warga Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Timur, Jumat, 24 Januari 2020.

"Kita akan mengambil alih supaya dikelola pemerintah daerah, tidak boleh ada perusahaan yang punya jalan kecuali jalan tol," kata Sugianto.

Dia berharap dengan dikelola pemerintah daerah, jalan eks Pertamina tersebut akan digunakan bersama oleh masyarakat maupun perusahaan. Bahkan, jika dimungkinkan akan diaspal.

"Masyarakat umum boleh bebas menggunakan jalan itu, namun perusahaan yang menggunakan jalan itu untuk mengangkut hasil tambang maupun perkebunan harus membayar retribusi guna memberikan pemasukan bagi PAD," imbuhnya.

Sugianto juga berharap tidak ada lagi konflik antara Pertamina dengan perusahaan yang berada di wilayah setempat, termasuk dengan masyarakatnya. Persoalan ini agar terselesaikan sehingga tercipta ketentraman di Kabupaten Barito Timur, dan tidak mengganggu investasi.

Menanggapi pernyataan Sugianto Sabran, seorang warga Desa Jaweten yang bernama Lorens menyambut baik dan berterimakasih jika itu terealisasi.

"Kami bersyukur jika dikelola negara, biar tidak ada lagi yang memperbutkan jalan itu. Serta mengatasnamakan suku Dayak atau warga Jaweten, itu hanya segelintir orang," kata Lorens. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru