Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kapuas Waspadai Penyakit Serang Hewan Peliharaan di Musim Hujan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Januari 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan mewaspadai penyakit menyerang hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing di musim hujan.

Kasi Kesehatan Hewan Distan Kapuas drh Anik Ariswandani mengatakan, selama musim hujan dan pancaroba, perlu mewaspadai penyakit parvovirus yang bisa diderita anjing dan penyakit calicivirus pada kucing.

"Untuk parvovirus pada anjing ini gejala penyakit parvo yang paling spesifik adalah muntah dan diare berdarah yang terjadi berulang-ulang. Ini perlu diwaspadai," ucap Anik kepada wartawan, Senin, 27 Januari 2020.

Gejala lainnya penyakit parvo ini adalah lesu, tidak mau makan dan demam.
"Virus parvo dapat dihindari dengan menghindari kontak dengan anjing lain yang belum jelas kesehatannya atau sakit. Ini juga bisa dilakukan vaksinasi," tuturnya.

Sedangkan untuk penyakit calicivirus pada kucing, ini tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Untuk ciri-ciri kucing yang terkena calicivirus itu di antaranya hidung berair, radang gusi, dan sariawan.

"Penyakit tersebar dengan cara langsung di antara kucing," katanya.

Selain itu, Anik memberikan saran selama musim hujan hewan peliharaan dapat diberikan tambahan minum vitamin dan sering membersihkan kandang serta lingkungan dengan desinfektan.

"Karena akhir-akhir ini banyak hewan peliharaan itu terserang penyakit tersebut. Jadi perlu diwaspadai karena juga ada yang sampai mati hewannya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru