Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Batu Tambun Resah Atas Ulah Beberapa Orang Pasangi Portal di Lahan Plasma

  • Oleh Tim Borneonews
  • 11 Februari 2020 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Terkait ulah beberapa oknum warga yang memasang portal di wilayah plasma PT. Sawit Mandiri Lestari di Desa Batu Tambun, Kecamatan Batang Kawa Kabupaten Lamandau dan kemudian memgunggahnya ke media sosial, membuat resah warga desa itu sendiri.

Kepala Desa (Kades) Batu Tambun Sakius Urus, Selasa  11 Februari 2020 menjelaskan sebenarnya ulah beberapa oknum tersebut yang dilakukan Sabtu, 8 Februari 2020 merupakan tindakan sepihak yang tidak mewakili pendapat seluruh warga desa.

Menyikapi permasalahan tersebut, Kades menggelar rapat dengan warga desa yang sebagian besar mendukung adanya pembangunan kebun plasma.

"Diakui memang ulah mereka membuat keresahan sendiri bagi warga desa kami. Selain itu kami juga menolak keterlibatan pihak luar terkait masalah ini.  Kami mengindikasi adanya keterlibatan pihak luar yang diketahui membuat situasi di Desa Batu Tambun jadi tidak kondusif. Karena apapun persoalan di desa kami biarlah diselesaikan di tingkat pemerintahan desa," jelas Kades.

Padahal, menurut Kades, mayoritas warga Desa Baru Tambun, sepakat dengan PT SML untuk membangun plasma di desanya.

"Kemarin yang melakukan pemasangan portal hanya sekitar lima orang saja yang merasa tidak setuju adanya plasma. Nah sedangkan sekitar 50 lebih warga desa setuju dengan plasma. Apakah jumlah warga yang lebih banyak harus menuruti dan mengalah pada segelintir warga yang tidak setuju Tentunya hal itu aneh sekali," jelas Kades.

Selain itu, menurut Kades, ia mewakili mayoritas masyarakat yang ada merasa tidak pernah ada masalah dengan PT. SML.

"Karena program yang dibuat oleh perusahaan adalah pembangunan kebun plasma untuk masyarakat Desa Batu Tambun. Pihak perusahaan juga telah merealisasikan kompensasi lahan dan diterima oleh pihak Desa. Nantinya hal tersebut akan diserahterimakan pada masyarakat yang mendukung program plasma di Desa Batu Tambun," jelas Kades. (TIM BORNEONEWS)
 

Berita Terbaru