Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Catat Sudah 429 KK di Palangka Raya Daftar Sensus Penduduk Online

  • Oleh Hendri
  • 18 Februari 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya mencatat sudah ada 429 kepala keluarga atau KK di kota setempat yang mengisi sensus penduduk secara online melalui sensus.bps.go.id.

"Sejak dibuka (tanggal 15 Februari 2020), sudah ada 429 KK terdaftar yang terpantau di monitor kami dari 77 ribu KK atau warga Palangka Raya," kata Kepala BPS Kota Palangka Raya, Agie, Selasa, 18 Februari 2020.

Menurutnya, partisipasi masyarakat terhadap penggunaan sistem teknologi informasi pada sensus penduduk tahun ini cukup tinggi. Hal ini juga berbanding lurus dengan upaya sosialisasi yang dilakukan BPS selama beberapa tahun terakhir.

"Kami sudah sejak lama melakukan sosialisasi, dari sekolah, universitas hingga perkantoran," ucapnya.

Sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya kesalahan saat melakukan pengisian, BPS juga siap mendampingi warga yang membutuhkan pendampingan.


Pada laman tersebut, kata Agie, terdapat 21 pertanyaan dasar yang harus diisi, seperti nama lengkap, alamat, pekerjaan, pendidikan dan sebagainya.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum mengikuti sensus mandiri, akan didatangi petugas sensus untuk melakukan wawancara pada Juli mendatang.

"Sensus penduduk dengan cara wawancara dilakukan pada 1 hingga 31 Juli 2020 dan di tahap kedua dilakukan pencacahan sampel pada Juli 2021," jelasnya.

"Sementara bagi warga yang sudah mendaftar online petugas hanya datang untuk memastikan tidak ada perubahan data," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru