Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Keracunan Massal, Tim Dinas Kesehatan Kotim Ambil Sampel Kue Dijual di Pasar Keramat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Februari 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim dari Dinas Kesehatan Kotim mengambik sampel kue yang dijual para pedagang di sekitar Pasar Keramat. Ini dilakukan karena kemarin puluhan siswa keracunan massal, diduga setelah makan kue yang dibeli di sekitar pasar tersebut. 

"Hari ini kami mengambil sampel kue yang dijual pedagang di Pasar Keramat, begitu juga dengan yang dijual di kantin sekolah," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kotim Bambang Supiansyah, Jumat, 21 Februari 2020. 

Sempel yang diambil tersebut akan dilakukan uji di laboratorium. Sebagai upaya untuk mengetahui apakah mengandung bahan berbahaya atau sangat beresiko untuk dikonsumsi. 

"Nanti hasilnya akan kami serahkan kepada pimpinan. Sehingga bisa ditindak lanjut nantinya," kata Supiansyah. 

Dirinya juga menerangkan bahwa kue yang dijual di Pasar Keramat hanya satu orang yang memperoduksinya. Sedangkan pedagang tersebut hanya menjualkan titipan saja.

"Nanti yang akan kami periksa adalah ditempat produksinya. Sehingga bisa mengetahui bagaimana proses dan pembuatannya," kata Supiansyah. 

Selain itu, dirnya juga meminta kepada seluruh siswa agar selalu memperhatikan kemasan kue yang hendak dibeli kalau meragukan lebih baik tidak usah. Begitu juga dengan penjual pentol di sekolah tersebut diingatkan agar tidak menggunakan pewarna makanan. 

Smenetara, ada Kamis, 20 Februari 2020 kemaren, sebanyak 21 orang siswa dan guru mejadi korban keracunan masal. Dan sekarang sudah membaik, walaupun masih ada 9 orang yang belum bisa bersekolah karena masih pemulihan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru