Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpol PP dan Damkar Kapuas Sosialisasi Pencegahan Bencana Kebakaran Sejak Dini kepada Anak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Februari 2020 - 16:20 WIB


BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satpol PP dan Damkar Kapuas menyosialisasikan pencegahan bencana kebakaran sejak dini kepada sejumlah anak dari Taman Kanak-kanak (TK) yang ada di wilayah Kecamatan Selat pada Rabu, 26 Februari 2020.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Jendrawan mengatakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran dan penyelamatan ini merupakan salah satu program kegiatan yang ada dibidang Damkar dalam Satpol PP.

“Dalam sosialisasi ini kami memberikan gambaran kepada Guru TK beserta muridnya yang ikut tentang bagaimana penyebab terjadinya bencana kebakaran dan cara menanggulanginya. Selain diberikan teori, kami juga melakukan praktek penanganan kebakaran,” ucap Jendrawan, seusai kegiatan.

Ia menuturkan dalam simulasi ini peserta diajarkan cara menyelamatkan diri, penyelamatan terhadap korban dan evakuasi hingga cara mengatasi kebakaran secara dini.

Menurutnya, dalam simulasi telah dibuatkan skenario hingga memudahkan guru dan adik-adik kita untuk menangkap materi yang diajarkan oleh petugas.


Jendrawan menambahkan dalam simulasi penanganan kebakaran ini peserta juga diajarkan tata cara menggunakan karung dan alat pemadam api ringan (Apar).

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas Syahripin mengungkapkan pihaknya berterima kasih kepada guru-guru TK dan muridnya yang sudah mau belajar dalam belajar tentang dasar siaga bencana untuk keselamatan bersama. 

"Sehingga bisa sejak dini dapat diberikan pengetahuan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran," ucap Syahripin. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru