Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Segera Bantu Pestisida Atasi Padi Terserang Hama

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Maret 2020 - 20:43 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur segera memberikan bantuan pestisida untuk mengatasi padi yang terserang hama. Ini disampaikan Kepala Dinas, Riza Rahmadi saat meninjau tanaman padi yang terdampak banjir di Desa Ramania Kecamatan Patangkep Tutui.

"Saya datang untuk melihat dampak dari intensitas curah hujan yang tinggi, tadi malam sekitar pukul 22.00 saya dapatkan informasi tentang ini," kata Riza di Desa Ramania, Minggu, 1 Maret 2020.

Dia menuturkan, di Desa Ramania, terdapat dua kelompok tani yakni Kelompok Tani Suka Maju dan Kelompok Tani Maju Tak Gentar yang mengembangkan tanaman padi sawah dengan total luas lahan 65 hektare.

"Saat ini tanaman padi tersebut sudah masuk tahap generatif. Jadi kita harapkan tanaman padi ini bisa bertahan sekalipun air menggenangi. Terkait hama yang mulai muncul akibat curah hujan dan banjir ini kita akan segera tangani," ungkapnya.

Riza berjanji akan segera memberikan bantuan pestisida melalui petugas penyuluh pertanian agar hama yang menyerang tanaman padi dapat ditanggulangi. Sehingga, petani tidak mengalami gagal panen.


"Saya juga berharap teman-teman penyuluh untuk terus memantau air hujan yang berlebih ini serta pasca-hujan untuk terus dimonitoring. Jika ada perkembangan hama atau penyakit tanaman yang dibawa oleh air seperti ini, segera melapor," imbuh Riza.

Sementara itu, Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Paju Epat Lukmanul Chakim yang mendampingi Riza Rahmadi turun ke lapangan menjelaskan ada tiga jenis hama yang menyerang padi milik petani di Desa Ramania.

"Tadi saya lihat hamanya ada blas, ulat daun dan sundep," kata Lukmanul. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru