Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Seruyan: Failitas PAMSIMAS Jika Dikelola Bisa Jadi Sumber PAD Desa

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 02 Maret 2020 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang Keberadaan fasilitas Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  atau PAMSIMAS yang di bangun pemerintah dan sharing dengan Pemerintah Kabupaten Seruyan, jika penggunaan diserahkan ke desa bisa menjadi sumber PAD.

“Sebenarnya fasilitas ini jika dihibahkan ke desa bisa dikelola secara baik melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes,” kata Argiansyah, Anggota DPRD Seruyan, Senin, 2 Maret 2020.

Dengan terkelolanya fasilitas penyediaan air minum ini maka desa melalui BUMDes bisa membangun jaringan pipa untuk peyaluran air ke rumah rumah penduduk.

“Bila air sudah dapat tersalurkan ke rumah penduduk, pihak desa melalui BUMDes bisa memasang tarif air minum yang disalurkan, dan ini dapat menjadi  salah satu sumber PAD bagi desa,” ucapnya.

Namun hingga saat ini yang menjadi persoalan karena fasilitas PAMSIMAS masih belum dihibahkan ke desa, sehingga desa tidak bisa melakukan pengelolaan.

“Di Seruyan banyak desa yang menerima bantuan pembangunan PAMSIMAS. Wilayahnya tersebar di beberapa kecamatan, namun hingga sekarang masih belum maksimal penggunaan nya,” tandasnya. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru