Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penghasil Padi Terbesar di Katingan Ini Daerah Bekas Transmigrasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Maret 2020 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah desa - desa penghasil padi terbesar di Kabupaten Katingan merupakan daerah bekas transmigrasi.

Seperti di Katingan I Kecamatan Katingan Kuala, yang dulunya adalah daerah transmigrasi. Di Katingan I ini banyak terdapat desa-desa penghasil padi, seperti Subur Indah, Bumi Subur, Jaya Makmur, Makmur Utama serta sejumlah desa lainnya.

Bahkan di Desa Subur Indah, rencananya Rabu, 4 Maret 2020 besok Bupati Katingan Sakariyas menghadiri panen raya padi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Katingan, Alyono, Selasa, 3 Maret 2020 membenarkan jika sejumlah desa di Katingan I Kecamatan Katingan Kuala yang selama ini merupakan lumbung padi di Kabupaten Katingan, itu dulunya bekas lokasi unit permukiman transmigrasi.

"Kita bangga dengan adanya eks transmigrasi yang sekarang menjadi penghasil padi terbesar di wilayah Kabupaten Katingan ini," sebut Alyono.

Namun demikian, ujar Alyono, sejauh ini akses jalan darat dari Kasongan Ibukota Kabupaten Katingan menuju wilayah Kecamatan Katingan Kuala masih belum bisa ditembus.

"Dengan adanya pihak perusahaan perkebunan yang membangun jalan ke wilayah Mendawai, maka kedepan petani di wilayah itu akan lebih sejahtera, sebab nantinya harga padi bersaing," kata Alyono. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru