Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tugas Penyuluh Agama di Era Modern Kian Berat

  • Oleh Syahriansyah
  • 05 Maret 2020 - 12:05 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Penyuluh agama baik di Kabupaten Murung Raya (Mura) merupakan ujung tombak bagi kemenag. Untuk itu, mereka dituntut untuk melakukan penyesuaian di era modern seperti sekarang ini.

Adapun penyuluh agama yang terdiri dari PNS dan non PNS ini berjumlah 36 orang. Rinciannya, agama Islam ada 22 penyuluh, agama Kristen 8 penyuluh, dan Hindu 6 penyuluh. Semuanya tersebar di seluruh kecamatan.

Terkait itu, Kasubbag TU Kemenag Mura, Marjuki Rahman penyuluh agama harus memberikan pembinaan dan menjadi tauladan di wilayah kerja masing-masing.

"Dengan semakin majunya teknogi, maka tugas semakin sulit. Apalagi penyuluh agama ini bergerak menggunakan mekanisme pendekatan dan pembinaan pada beberapa kasus, seperti penyalahgunaan narkoba, broken home, dan penceraian yang berdampak pada kekerasan," kata Marjuki Rahman, Kamis, 5 Maret 2020.

Penyuluh agama juga sudah diberikan pelatihan dan pembekalan terus menerus untuk meningkatkan wawasan. Hal itu dalam rangka meningkatkan kualitas penyuluhan kepada masyarakat.

"Dinamika masyarakat Mura pada kecamatan hingga desa dapat cepat berubah. Sejak beberapa tahun terakhir ini, kita tetap berupaya memberikan pembinaan terus menerus kepada setiap permasalahan yang ditemui di tengah masyarakat," tutupnya. (RIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru