Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Berpeluang Besar Pertahankan Opini WTP

  • Oleh Ramadani
  • 10 Maret 2020 - 00:41 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara memiliki peluang yang besar dalam meraih kembali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah yang bersih, transparan dan akuntabel.

Kepala Badan Pengawas Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah, Ade Iwan Rusnawa optimistis dengan laporan keuangan ketiga kabupaten, yakni Barito Utara, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Sebab sudah 5 kali berturut-turut mendapat opini WTP.

"Kalau sudah 5 kali, itu artinya masalahnya semakin berkurang. Itu yang memungkinkan bisa mendapat WTP keenam," katanya, Senin 9 Maret 2020.

Meski demikian, Ade tetap tidak memungkiri adanya godaan terhadap para pejabat daerah atau kepala dinas, yang bisa saja menggagalkan upaya mendapatkan WTP ke 6.

"Saya harapkan hasil LKPD tahun anggaran 2019 kembali meraih WTP tapi tergantung dari komitmen Pemdanya," ujarnya.

Ade mengapresiasi kepada kepala daerah yang telah menyampaikan LKPD unaudit sebelum tanggal waktu yang telah ditentukan yakni 31 Maret 2019 dan senantiasa aktif meningkatkan koordinasi dalam rangka mewujudkan laporan keuangan daerah yang bersih, transparan dan akuntabel.

Dia meminta pemerintah daerah agar dalam memeriksa laporan BUMD adalah akuntan publik yang kredibel. Untuk pengadaan barang dan jasa, Ade berharap agar di tahun kedepannya lebih baik lagi. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru